This website uses cookies to ensure you get the best experience on our website.
Jakarta, Indonesia
Ide Permainan Sensori untuk Anak ini Mudah Dibuat Lho!
Permainan sensori anak tak harus mahal, Parents bisa membuatnya sendiri di rumah untuk melatih tumbuh kembang si kecil. Coba yuk?

Ide Permainan Sensori untuk Anak ini Mudah Dibuat Lho!

SPECIALSUPPORT.OR.ID---Permainan sensori sebaiknya diperkenalkan pada si kecil sedini mungkin agar semua panca inderanya dapat berkembang dengan baik seiring tumbuh kembangnya. Tak hanya saat sesi terapi saja, Parents bisa juga lho mengenalkan permainan sensori untuk anak ketika di rumah.

Melansir dari laman Action for Children, permainan sensori anak merupakan serangkaian aktivitas yang mampu merangsang panca indera, seperti penglihatan, pendengaran, penciuman, hingga rasa. Sensory play punya banyak manfaat, salah satunya supaya si kecil mampu berinteraksi dan memahami dunia sekitar lebih baik lagi.

Dalam tumbuh kembang anak, sensori adalah bagian yang cukup penting selain masalah motoriknya. Ketika sensori anak terganggu, maka akan memengaruhi tumbuh kembangnya. Yuk kenali apa saja permainan sensori yang bisa dilakukan di rumah.

Macam-macam permainan sensori untuk aktivitas di rumah

Sensori adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan panca indera, oleh karenanya, permainan sensori untuk anak biasanya akan memaksimalkan penggunaan semua panca inderanya. Melansir dari laman Cleveland Clinic, berikut ini ada beberapa ide permainan sensori anak yang bisa Parents coba di rumah:.

1. Baskom sensory play

Sensory Play

Parents, baskom sensory play ini sangat mudah disiapkan dan menggunakan bahan-bahan yang aman. Dalam pelaksanaannya, si kecil tetap harus dalam pengawasan Parents ya. Coba langkah berikut ini yuk untuk mulai main baskom sensory play:

- Siapkan baskom bentuk apa saja minimal 2.

- Siapkan beras warna (bisa juga diganti dengan pasta warna atau kacang-kacangan).

- Sekop kecil atau sendok yang bisa digenggam anak.

Permainan ini bisa dikreasikan dengan banyak misi, misalnya:

- Memindahkan isi baskom 1 ke baskom lainnya menggunakan sekop, sendok, atau tangan saja.

- Memilah isi baskom sesuai dengan warnanya lalu digabungkan satu persatu.

- Biarkan si kecil meremas atau meraba isi baskom sesuka hatinya.

Untuk isi baskom sensory play ini bisa dirubah sesuai yang ada di rumah atau yang mudah di dapatkan. Selain beras, pasta, dan kacang-kacangan, Parents bisa juga lho memanfaatkan daun kering hingga pasir yang ada di halaman rumah.

Pastikan bahan-bahan yang digunakan bersih dan aman ya. Selain itu, Parents bisa melengkapi kegiatan ini dengan story telling yang menyenangkan juga lho.

2. Lukisan menggunakan jari

Permainan sensori untuk anak selanjutnya adalah melukis menggunakan jari jemari. Jangan kaget bila kegiatan yang satu ini akan sedikit membuat rumah berantakan yah Parents. Berikut persiapan yang bisa dilakukan:.

- Siapkan kertas gambar atau hvs ukuran A4 atau folio.

- Siapkan cat warna yang aman (bisa juga membuat adonan sendiri).

Di sini, anak-anak akan memanfaatkan tangannya untuk menyentuh cat warna yang Parents siapkan. Biarkan anak berkreasi sesuka hati namun tetap dengan arahan Parents ya. Ada beberapa anak yang akan merasakan sensasi geli dan jijik, namun inilah fungsi permainan sensori anak, supaya anak-anak terlatih menghadapi suasana yang baginya tidak nyaman.

Parents, untuk cat warna yang lebih aman bisa dibuat sendiri lho, ini dia resepnya:

- Siapkan tepung (terigu atau maizena)

- Siapkan pewarna makanan

- Air putih matang

- Wadah kosong

Campurkan seluruh bahan tersebut menjadi satu kecuali pewarna makanan, lalu bagi ke dalam wadah kosong yang Parents sediakan. Setelah itu, berikan warna-warna menarik pada tiap wadahnya dan cat warna tersebut sudah siap digunakan.

3. Bermain playdough homemade

sensory play

Sudah pernah dengar kalau ada playdough homemade yang lebih aman untuk anak-anak? Nah, melansir dari laman Stepping Stone Children, bermain playdough rupanya tak hanya bagus untuk melatih sensori anak saja, namun juga untuk motorik halusnya karena mereka akan belajar meremas, menggulung, hingga memelintir playdough tersebut.

Resep playdough homemade:

- Siapkan tepung terigu dan garam pada sebuah wadah plastik, campurkan semua bahannya.

- Bagi menjadi beberapa bagian sesuai warna yang diinginkan.

- Campurkan beberapa tetes pewarna makanan pada adonan playdough.

- Uleni semua adonannya hingga tercampur rata.

- Playdough homemade siap dimainkan.

Saat membuat playdough, Parents bisa langsung mengajak si kecil juga lho karena ini juga merupakan bagian dari permainan sensori anak yang menyenangkan.

4. Mencari harta karun dalam lautan es

Seperti Namanya, sensory play ini akan memanfaatkan media es batu yang sangat dingin. Sensasi dingin ini sangat bagus untuk melatih sensori pada anak, jadi permainan ini layak dicoba. Parents perlu menyiapkan beberapa kantong plastik yang kemudian diisi mainan si kecil lalu bekukan dalam lemari es.

Saat sudah beku, Parents bisa meminta si kecil untuk berusaha mengeluarkan mainan kesukaannya itu dengan cara dipukul. Pastikan alat pukulnya aman ya dan tetap temani si kecil bermain supaya ia main semangat!

5. Menyortir bebatuan sambal belajar berhitung

Parents bisa memanfaatkan batu-batu yang ada di sekitar rumah dalam permainan ini. Lalu siapkan mangkuk-mangkuk kecil yang sudah diberi label angka.

Nantinya, mintalah si kecil untuk mulai memasukkan batu-batu tersebut ke dalam mangkuk sesuai dengan angka yang tertera. Selain sebagai sensory play, permainan ini juga akan mengenalkan anak pada angka-angka juga lho.

Penulis: Novia Luciana

Editor: Neni Retno & Lilim Abullaits

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Math Captcha
55 + = 63